attinhijabstore Produsen Baju Gamis BERKUALITAS BOUTIQUE dengan Harga Terjangkau

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

TIPS KETIKA MEMILIH SEPATU LARI

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Saat berlari akan lebih nyaman jika menggunakan sepatu dibandingkan sandal. Tetapi ada jenis sepatu khusus yang digunakan untuk berlari. Jika menggunakan sepatu biasa untuk berlari, maka akan mempengaruhi efek olahraga pada tubuh.


Memilih sepatu lari tak harus mahal, cukup cari yang sesuai untuk digunakan saat berlari. Dibawah ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika ingin membeli sepatu lari. Sepatu lari yang tepat akan membuat olahrgamu maksimal dan terhindar dari cidera serius…


1. Cari tahu tipe pronasi telapak kaki

Tips pertama adalah kamu harus mencari tahu tipe pronasi atau gerakan telapak kakimu saat berlari. Ada dua tipe pronasi, yaitu melengkung dan gerakan kaki berayun. Setiap orang memiliki gerakan yang berbeda sehingga untuk memilih sepatu pun harus disesuaikan dengan tipe pronasi kakimu. Jika membeli tidak sesuai tipe pronasi, maka akan kurang nyaman saat digunakan.


2. Memiliki kelenturan yang baik

Selanjutnya kamu harus memperhatikan kelenturan pada sepatu. Jika sepatu yang kamu miliki tidak cukup lentur, maka akan banyak energi gerak yang terserap sehingga tidak bisa lari dengan cepat. Untuk menguji kelenturan pada sepatu, kamu bisa menekuknya. Jika semakin kuat sepatu menghentak balik ke bentuk semula maka sepatu semakin lentur.


3. Pilih sepatu yang beratnya sesuai dengan jarak lari kamu

Ternyata berat sepatu juga sangat berpengaruh untuk kenyamananmu. Saat memilih sepatu kamu harus mengetahui jarak yang akan ditempuh ketika berlari. Sepatu yang ringan membuatmu berlari lebih cepat. Sepatu yang ringan, idealnya dapat kamu gunakan untuk berlari sejauh sekitar 5 km. Nah kamu bisa menyesuaikan berat sepatu sesuai kebutuhan yaa.


4. Pastikan sepatu memiliki flow udara yang baik

Suhu dalam sepatu bisa melebihi batas normal jika digunakan untuk aktivitas dan tanggungan pada kaki terlalu berlebihan. Suhu panas pada sepatu tentunya membuatmu menjadi tidak nyaman saat menggunakannya. Sebaiknya kamu memilih sepatu yang memiliki ventilasi dalam sepatu agar saat digunakan untuk berlari tetap terasa nyaman.


5. Pilih sepatu yang memiliki bahan peredam

Terakhir, kamu harus memilih sepatu yang memiliki peredam. Hal ini dilakukan karena saat berlari ada tegangan impuls yang cukup besar pada kaki. Semakin lama kamu berlari, maka akan semakin besar juga tegangan yang dihasilkan. Peredam ini bisa mengurangi tegangan yang mungkin saja mengakibatkan cidera pada kaki.


Bagaimana sist, sudah bisa menentukan sepatu lari yang cocok untukmu?


Semoga bermanfaat yaa Sisters Muslimah