attinhijabstore Produsen Baju Gamis BERKUALITAS BOUTIQUE dengan Harga Terjangkau

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

TIPS UNTUK MEMULAI USAHA FASHION DENGAN BRAND SENDIRI

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Saat ini banyak orang yang membangun usahanya sendiri. Biasanya usaha yang paling banyak itu di bidang usaha makanan, kebutuhan rumah dan pakaian atau fashion. Usaha yang dibangun bisa diambil dari produsen atau membuat brand sendiri.


Nah kali ini kita akan membahas sedikit tentang brand untuk usaha bidang pakaian. Untuk membuat brand sendiri sebenarnya kamu perlu mengesahkan nama brandmu. Tujuannya adalah agar nama tersebut tidak digunakan oleh orang lain.


Namun selain mengesahkan nama brandmu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai usaha pakaian brandmu sendiri. Seperti apa hal yang harus diperhatikan? 


Coba simak tips dibawah ini ya sist..


1. Tentukan target pasar dan riset produk

Cara pertama yang kamu harus lakukan untuk usaha pakaian brandmu sendiri adalah dengan melakukan riset produk serta mengenali target pasar yang ingin kamu tuju. Riset produk biasanya dilakukan dengan mengadakan survei ke beberapa orang mengenai produk apa yang sedang menjadi trend sekarang ini.

Setelah melakukan riset produk, kamu juga harus membuat target pasarmu sendiri. Seperti produkmu untuk orang yang berusia berapa sampai berapa. Kemudian lebih suka motif atau polos. Cara itulah yang nantinya bisa membantumu dalam membidik pasar dengan baik.


2. Menentukan konsep bisnis pakaianmu

Selesai melakukan riset pasar serta berhasil menargetkan pasar, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan konsep yang cocok untuk pakaian brandmu sendiri. Dengan ada konsep, maka produk pakaian mu akan menjadi ciri khas dari brandmu sendiri. Misalkan kamu ingin mengambil konsep baju kerja, pesta, anak-anak atau lainnya. Nah kamu perlu menentukan satu konsep saja ya sist. Nantinya satu konsep ini akan menjadi ciri khas tersendiri dari brandmu. Jika kamu menciptakan konsep pakaian pesta, maka orang lain akan mencari brand mu ketika ingin membeli pakaian pesta.


3. Ciptakan konsep desain pakaian dan logo yang menarik

Selain konsep pada produk pakaianmu, kamu juga harus membuat konsep desain dan logo yang menarik dan berbeda dengan brand kompetitormu.

Contohnya jika brand kamu menjual pakaian pesta, tentu diluaran sana juga banyak yang menciptakan konsep pakaian pesta. Lalu apa yang membuat brand pakaianmu disukai dan lebih dikenal? Nah hal itu harus kamu pikirkan ya sist.

Selanjutnya kamu harus membuat logo yang menarik dan berbeda dengan brand lain. Meskipun terlihat sepele, ternyata logo sangat penting lho sist. Dengan logo brand, kita akan semakin dikenal dengan ciri khas tersendiri. Contohnya logo pada brand terkenal seperti H&M, Gucci, Channel dan masih banyak lagi.


4. Pilih distributor bahan yang sesuai dan lakukan pembuatan produk

Tahap selanjutnya dalam menciptakan pakaian brand sendiri adalah mencari distributor bahan pakaian yang sesuai dengan konsep brandmu. Memilih distributor memang cukup sulit. Tapi kamu harus bisa mendapatkan bahan pakaian yang sesuai dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang bagus. Sebaiknya untuk distributor bahan, kamu memiliki lebih dari satu yaa agar bisa punya perbandingan distributor mana yang lebih baik untuk brandmu.

Setelah mendapatkan bahan yang sesuai dengan brandmu, kamu bisa langsung membuat produk pakaian yang sesuai dengan konsep brandmu. Buatkan detail tertentu yang bisa membuat produkmu berbeda dengan brand lainnya.


5. Lakukan pemotretan produk kemudian pasarkan

Tahap selanjutnya adalah melakukan pemotretan produk pakaianmu. Tujuannya untuk membuat katalog dan brosur yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi. Buat foto pakaianmu semenarik mungkin. Kamu bisa menggunakan model profesional dan hindari editing yang berlebihan agar hasil fotonya maksimal.


Jika sudah mendapatkan hasil foto yang maksimal, maka kamu bisa lanjut untuk memasarkan produk pakaian barandmu sendiri. Kamu bisa menggunakan media sosial sebagai sarana promosi. Atau kamu juga bisa membuat website dan aplikasi untuk brandmu agar semakin mempermudah calon konsumen untuk membeli produkmu.


Jadi itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengawali usaha pakaian brandmu sendiri. Membangun brand pakaian sendiri memang tidak mudah. Tapi kamu bisa mencobanya.


Semoga bermanfaat yaa Sister Muslimah